Monday, February 2, 2009

TUGAS FISIKA KUANTUM

  1. Berapa besar energi yang diperlukan untuk mengeluarkan elektron dari kulit kedua pada atom hidrogen.
  2. Panjang gelombang dari foton 100 MeV adalah….
  3. Panjang gelombang ambang pancaran fotolistrik pada tungsten adalah 230 nm. Berapa besar panjang gelombang cahaya yang harus dipakai agar elektron dengan energimaksimum 1,5 eV terlempar keluar.
  4. Frekuensi ambang pancaran fotolistrik dalam tembaga ialah 1,1.1015 Hz. Cari energi maksimum fotoelektron (dalam elektron volt) bila cahaya yang berfrekuensi 1,5 .1015 ditunjukan pada permukaan tembaga.
  5. Fungsi kerja Permukaan tungsten adalah 5,4eV. Bila permukaan itu disinari oleh cahaya dengan panjang gelombang 175 nm, energi fotoelektron maksimum ialah 1,7 eV. Cari tetapan Planck dari data tersebut.
  6. Berapa tegangan yang harus dipasang pada tabung sinar-x agar dalam tabung itu terpancar sinar-x dengan panjang gelombang minimum 30 pm
  7. Tabung sinar-x dihubungkan dengan beda potensial 230 KV, maka kecepatan elektron sebelum mengalami Bremstrahlung adalah….
  8. Pada sudut berapa foton 100 keV akan meninggalkan sasarannya dengan energi 90 keV?
  9. Pada percobaan Rutherford sebagian besar partikel alpha melewati gas dan selaput tipis logam tanpa mengalami pembelokan. Kesimpulan tentang struktur atomik apakah yang dapat ditarik dari pengamatan ini
  10. Energi foton dari cahaya dengan panjang gelombang 700 nm adalah ….

No comments:

Post a Comment

Silahkan isi pesan atau kesan terhadap tulisan diatas